Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

.

Komponen-Komponen dalam Analisis Kurikulum


Komponen-komponen yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis kurikulum pendidikan agar mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

1. Tujuan dan Sasaran Kurikulum:

  • Komponen ini mencakup tujuan umum dan khusus yang ingin dicapai oleh kurikulum, serta sasaran pembelajaran yang ditetapkan untuk siswa. Tujuan umum mencerminkan visi dan misi pendidikan, sementara tujuan khusus lebih terkait dengan pencapaian spesifik dalam pembelajaran.

2. Struktur dan Isi Kurikulum:

  • Komponen ini berfokus pada struktur kurikulum, yang meliputi organisasi jenjang, program, dan mata pelajaran yang disajikan. Isi kurikulum mencakup materi pembelajaran, rencana pembelajaran, dan materi pelajaran yang diajarkan kepada siswa.

3. Metode dan Strategi Pengajaran:

  • Komponen ini menyangkut pendekatan dan teknik yang digunakan oleh guru untuk mengajar siswa. Metode pengajaran mencakup cara penyampaian materi, sementara strategi pengajaran mencakup pendekatan yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran siswa.

4. Evaluasi Pembelajaran:

  • Komponen ini mencakup aspek evaluasi dalam kurikulum. Jenis evaluasi, instrumen evaluasi, proses evaluasi, dan hasil evaluasi merupakan bagian dari komponen ini. Evaluasi dilakukan untuk memantau pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa.

5. Sarana dan Prasarana Pembelajaran:

  • Komponen ini melibatkan fasilitas dan sumber daya yang tersedia untuk mendukung proses pembelajaran. Fasilitas belajar, sumber belajar, teknologi pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran merupakan bagian dari komponen ini.

Setiap komponen dalam analisis kurikulum saling terkait dan penting untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. 

Buku referensi yang dapat digunakan untuk mendalami topik analisis kurikulum, sebagai berikut:

  1. Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.

    • Buku ini menguraikan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum dan instruksi yang efektif.
  2. Posner, G. J., & Rudnitsky, A. N. (2017). Course Design: A Guide to Curriculum Development for Teachers (Edisi ke-8). Pearson.

    • Buku ini memberikan panduan dalam merancang kurikulum untuk para pendidik dengan berbagai strategi pembelajaran yang relevan.
  3. Jacobs, H. H. (Ed.). (2010). Curriculum 21: Essential Education for a Changing World. ASCD.

    • Buku ini mendiskusikan tantangan pendidikan dalam dunia yang berubah dan memberikan panduan dalam mengembangkan kurikulum yang relevan.
  4. Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design. ASCD.

    • Buku ini membahas tentang pendekatan desain pembelajaran dengan pemahaman sebagai fokus utama untuk mencapai tujuan kurikulum.

 

Posting Komentar

0 Komentar

HEADLINE ARTIKEL

Cara Mengirimkan Artikel Publikasi di Majalah Pendidikan dan Dakwah