Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

.

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Santri di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara


Judul: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Santri di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Tipe: Skripsi, 2022

Penulis: Norlan Cahaya Harahap

Lembaga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Syahada Padangsidimpuan

 

ABSTRAK

Pendidikan nasional tidak hanya bertujuan untuk menjadikan seorang peserta didik cerdas secara intelektual, namun pendidikan juga bertujuan untuk menjadikan siswa cerdas secara sosial dan berkarakter. Adapun rumusan masalah  karakter dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri dan apa  kendala apa yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri. Peran guru Pendidikan Agama Islam akan menggambarkan pola tingkah laku yang akan diharapkan dalam interaksi santri dengan guru. Dengan demikian madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam mempunyai tugas tidak hanya mencerdaskan namun juga membentuk karakter dalam diri santri.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskripstif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, santri Kelas VIII dan Kepala Madrasah Tsanawiyah yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Hasil dari penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, menemukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri di Madrasah Tsanawiyah yaitu: peran sebagai model dan teladan, pembimbing, pengarah dan evaluator. Kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal yaitu kurangnya minat belajar santri. sedangkan faktor eksternal yaitu latar belakang yang kurang mendukung, lingkungan madrasah, lingkungan masyarakat serta kurangnya sarana dan prasarana.

Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan karakter.

Posting Komentar

0 Komentar

HEADLINE ARTIKEL

Cara Mengirimkan Artikel Publikasi di Majalah Pendidikan dan Dakwah