Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

.

Definisi Publisitas Menurut Para Ahli


Beberpa Definisi Publisitas menurut para ahli dapat dilihat dari Alo Liliwery, Komunikasi: Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Kecana, 2011, h. 457-460. Berikut ini penjelasannya:

1.        Publisitas ialah usaha yang disengaja membentuk persepsi publik, tentang suatu hal tertentu. Pokok materi publisitas berkaitan dengan orang orang. (Sebagai contoh, politikus, seniman dan lain lain), barang/jasa dan layanan, pengorganisasian segala jenis barang/jasa, karya seni, hiburan atau pertunjukan.

2.        Siaran pers dan konferensi pers yang menawarkan kesempatan untuk mempublikasikan saat-saat penting dalam kehidupan dan pekerjaan. Konferensi pers harus dipandang sebagai aktivitas yang terjadwal, di mana suatu organisasi secara teratur mendistribusikan informasi kepada publik melalui semua peralatan teknologi media yang dimiliki.

3.        Menurut Merriam webster Dictionary, Publisitas adalah setiap Tindakan atau rancangan desain produk yang menarik publik. Seperti informasi yang mempunyai nilai berita sehingga menarik perhatian dan dukungan dari publik. Publisitas juga berkaitan dengan proses penyebarluasan informasi atau mempromosikan material tertentu kepada publik.

4.        Publisitas sebagai konsep hukum, yaitu (1) satu proses pemberitahuan resmi kepada dunia tentang niat tertentu. Misalnya, niat untuk menikah atau tentang kebangkrutan suatu perusahaan. (2) sebagai prasyarat penting untuk dapat mengklaim fitnah, misalnya, dengan pencemaran nama baik yang sudah dipublikasikan, dan (3) untuk keperluan hak cipta dimana terdapat perbedaan perlindungan karna yang diterbitkan atau yang tidak diterbitkan.

5.        Kegiatan membuat konten tertentu agar diketahui publik. Istilah ini paling sering diterapkan pada distribusi teks atau gambar di atas kertas, atau penempatan konten pada web site. Kata publikasi berarti tindakan penerbitan berarti setiap tulisan, buku, majalah, jurnal ilmiah, surat kabar, yang diterbitkan dalam eksemplar atau setiap situs web.

6.        Keadaan yang berkaitan dengan khalayak, audiens, public atau sesuatu yang dikenal banyak orang sehingga harus diamati Setiap informasi materi promosi dan lain-lain yang menarik sehingga mendorong banyak orang ke suatu tempat tertentu tempat pertunjukan produk yang dipertunjukkan atau membuat pemberitahuan kepada public untuk jenis pekerjaan atau bisnis yang mempersiapkan dan menyebarkan materi tertentu dalam rangka penjualan suatu produk atau demi pelayanan kepada public. Pemberitahuan kepada publik atau oleh public setiap prosedur-prosedur atau tindakan yang berusaha untuk mendapatkan informasi.

7.        Laurence & dennis L. Wilcox menyatakan publisitas sebagai informasi yang pemberitaanya/penyiaran tidak memerlukan pembayaran terhadap ruang dan waktu pada media, namun di saat yang sama sebaran informasi ini tidak dapat di kontrol oleh individu/perusahaan yang memberikan informasi akibatkanya informasi dapat mengakibatkan terbentuknya citra yang dapat mempengaruhi orang banyak sehingga dapat berakibat aksi yang menguntungkan atau merugikan saat informasi dipublikasikan.

8.        Menurut l.esly, publisitas adalah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu melalui media yang sesuai untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan perorangan tanpa pembayaran kepada media, publisitas juga diartikan sebagai pemberitaan saran yang mengarahkan kepada wartawan untuk memasukkan nama perusahaaan atau produk ke dalam berita di koran, majalah, acara tv, dengan ide berita orang yang diwawancarai informasi  dan bahan-bahan lain.

9.        Menurut David F. Rahmacitti, publisitas adalah berita yang ditulis oleh media massa yang mencangkup pemberitahuan tentang suatu produk, layanan-layanan, acara –acara, posisi, pekerja, kontribusi, sejarah, atau tujuan dari suatu bisnis, agensi, atau kelompok.

10.    Menurut Newsom, Truk, Kruckeberg, Publisitas adalah berita-berita tentang seseorang, produk atau pelayanan yang muncul pada suatu ruang atau waktu yang media sediakan dalam bentuk berita, feature, atau konteks editoral atau program dalam dunia broadcast.

11.    Menurut swastha, publisitas adalah sejumlah informasi tentang sasaran barang atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya atau tanpa pengawasan dari sponsor. Publisitas merupakan pelengkap yang efektif bagi alat promosi yang lain seperti periklanan, personal selling, dan promosi penjualan. Biasanya media bersedia mempublisitas suatu cerita apabila materinya dirasakan cukup menarik atau patut di jadikan berita.

12.    Converse, Huegy dan Mitchell publisitas didefinisikan sebagai bentuk berita yang bersifat komersial tentang produk, lembaga jasa atau orang yang dipublikasikan dalam surat kabar atau media massa yang tidak dibayar oleh sponsor.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

HEADLINE ARTIKEL

Cara Mengirimkan Artikel Publikasi di Majalah Pendidikan dan Dakwah