Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

.

Media Pembelajaran Matematika

Foto penulis: Iwiilda Hanum Harahap sedang mempraktikkan media pembelajaran Matematika yang diberi nama Tangga Turunan

Tim Penulis:

Iwilda Hannum Harahap (NIM. 2220200053)

Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika 

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan


Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd

Dosen Program Studi Tadris Matematika 

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 

Tahukah kamu Media Pembelajaran?

Media pembelajaran merupakan alat bantu penting dalam proses belajar mengajar. Tak hanya membantu guru menyampaikan informasi, media pembelajaran juga dapat membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran matematika adalah alat, bahan, atau teknik yang digunakan dalam proses belajar mengajar matematika untuk membantu penyampaian informasi dan memfasilitasi proses pembelajaran siswa agar lebih efektif dan efisien.

Dengan pemilihan media pembelajaran matematika yang tepat, proses belajar mengajar matematika akan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga hasil belajar siswa pun akan meningkat.

Tujuan utama pembuatan media pembelajaran matematika adalah:

a.         Untuk membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak dan kompleks.

b.         Untuk membuat proses pembelajaran matematika lebih menarik dan interaktif.

c.         Untuk membantu siswa belajar matematika secara mandiri.

d.         Untuk Meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika.

e.         Agar Menarik minat siswa untuk belajar matematika

Mengapa perlu menggunakan media pembelajaran?

Matematika dikenal sebagai pelajaran yang abstrak dan penuh dengan angka dan rumus.  Hal ini terkadang membuat siswa kesulitan memahami konsep-konsep yang diajarkan.  Namun, penggunaan media pembelajaran dalam matematika dapat memberikan banyak keuntungan, di antaranya: Mempermudah pemahaman konsep matematika, Menyemarakkan suasana belajar, Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan problem solving, menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika, dan lain sebagainya.

Singkatnya, media pembelajaran dalam matematika dapat menjadi jembatan bagi siswa untuk memahami konsep-konsep abstrak dan melihat manfaat mempelajarinya.  Dengan media pembelajaran yang tepat, pelajaran matematika tidak lagi menjadi momok, tetapi menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Belajar lebih menyenangkan dengan media pembelajaran

Media pembelajaran membuat proses belajar lebih menyenangkan, karena dengan media pembelajaran siswa dapat belajar secara mandiri, meningkatkan kolaborasi dan interaksi dengan teman, meningkatkan rasa ingin tahu, dan membuat pengalaman belajar yang imersif. Artinya media pembelajaran dapat membawa siswa ke dalam dunia yang baru dan menarik, sehingga mereka merasa seperti sedang mengalami sendiri apa yang mereka pelajari.

Terutama dalam pembelajaran matematika, media pembelajaran sangatlah membantu. Pelajaran matematika terkenal sulit dan banyak siswa yang tidak menyukainya maka media pembelajaran bisa membantu siswa menyelesaikan soal matematika dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Macam-macam media pembelajaran

Ada banyak sekali media yang dapat di gunakan untuk memudahkan kita dalam melakukan pembelajaran matematika, contohnya seperti: Media dua dimensi, Media tiga dimensi, Media grafik, Media audio, Media vidio, dan lain sebagainya. Mari menggunakan media pembelajaran matematika agar pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan.

Posting Komentar

0 Komentar

HEADLINE ARTIKEL

Cara Mengirimkan Artikel Publikasi di Majalah Pendidikan dan Dakwah