Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

.

Roti Kuker: Metode Menyenangkan Belajar Trigonometri

Foto: ROTI KUKER Trigonometri

 

Tim Penulis: 

Vivi Handayani Harahap

Mahasiswa Tadris Matematika Semester 4 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 

Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd

Dosen Program Studi Tadris Matematika 

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Saya sangat berbahagia jika Anda menyempatkan waktu Anda untuk membaca artikel ini. Di sini saya akan membagikan informasi betapa pentingnya media pembelajaran bagi pelajar maupun pendidik dalam dunia pendidikan. Pertama, media pembelajaran dapat mempermudah pelajar untuk memahami materi yang sedang dibahas secara langsung di kelas maupun tidak langsung (online).

Kedua untuk pendidik, mereka tidak akan merasa kesulitan untuk mengajarkan materi yang ingin diajarkan di ruang pembelajaran, karena latar belakang siswa yang berbeda-beda dalam memahami materi, maka akan lebih mudah jika langsung ditunjukkan dengan menggunakan media yang mendukung pembelajaran tersebut.

Media pembelajaran tidak harus berupa karya buatan tangan, namun juga dapat menggunakan IT seperti media pembelajaran 3D, penggunaan aplikasi GeoGebra dan lainnya. Oleh karena itu, di sini saya akan memperkenalkan media pembelajaran yang telah saya buat, yaitu: Roti Kuker.

Media ini adalah media yang dapat membantu para pendidik maupun pelajar untuk mempermudah mengerjakan tugas-tugas sekolah terkait nilai-nilai sudut Trigonometri maupun turunannya.

Uniknya media ini tidak hanya dapat digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan tugas-tugas. Namun, media ini juga dapat digunakan sebagai alat bermain game bersama teman-teman.

Untuk mengaplikasikannya pun mudah dan dijamin Anda akan menyukai materi trigonometri dan ketagihan menggunakannya. Alat dan bahannya mudah didapat, di antaranya: kardus, kertas duplex, kertas parada warna, origami, mor, dan lem kertas.

Langkah-langkah pembuatan:

1.        Bentuk empat buah lingkaran dengan ukuran berbeda.

2.        Lapisi keempat lingkaran dengan kertas parada.

3.        Lingkaran pertama, berisi nilai turunan dari fungsi trigonometri.

4.        Lingkaran kedua berisi 6 macam fungsi trigonometri.

5.        Lngkaran ketiga berisi besar sudut dari 0 derajat hingga 360 derajat.

6.        Lingkaran keempat  berisi  kertas warna warni yang merepresentasikan jenis soal dengan skor yang berbeda, boom, dan skor minus.

7.        Seluruh lingkaran disusun dari yang terbesar hingga terkecil lalu diletakkan pada kertas duplex dengan ekstra kardus agar lebih kokoh. kemudian mor dan satukan semuanya.

8.        Siapkan soal dengan 3 kartu dengan warna berbeda.

Cara Bermain Roti Kuker Trigonometri:

Saat mode bermain game berikut adalah langkah langkah dan aturan bermain media pembelajaran Roti Kuker:

1.        Putar roda keempat searah jarum jam. Perhatikan warna yang berhenti tepat dengan tanda panah.

2.        Ambil 1 soal dari kartu soal yang warnanya tepat segaris dengan tanda panah, lalu selesaikan soal dengan memutar roda ketiga, atau kedua maupun pertama.

3.        Jika soal dapat diselesaikan, maka kumpulkan skor sesuai dengan skor yang terdapat pada setiap warna yang terdapat pada roda ke keempat tersebut. Namun, jika Anda hanya ingin menyelesaikan tugas trigonometri Anda, Anda dapat menggunakannya dengan memutar roda-roda yang sesuai dengan soal-soal yang Anda miliki.

Di gebrakan era kurikulum merdeka ini, mengharuskan pelajar untuk lebih mandiri dan memahami setiap materi yang diajarkan pendidik. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya media pembelajaran sebagai pendukung setiap materi yang diajarkan. Tidak hanya itu, media pembelajaran juga dapat mengubah mood dan menambah semangat pelajar. Belajar menjadi terasa menyenangkan dengan adanya media pembelajaran.

Posting Komentar

0 Komentar

HEADLINE ARTIKEL

Cara Mengirimkan Artikel Publikasi di Majalah Pendidikan dan Dakwah